Pengantar Teknologi Informasi

Bydestiana.roehmania.syah.putri

Pengantar Teknologi Informasi

Tugas Mata Kuliah Pengantar Teknologi Informasi

  1. Tuliskan fungsi sistem operasi komputer

FungsiUtama : sebagai penghubung antara perangkat keras atau yang lebih dikenal dengan hardware dan pengguna, sistem operasi juga berfungsi sebagai program pengendali dengan tujuan untuk menghindari kesalahan penggunaan komputer dan mengatur pengelolaan sumber daya yang terdapat pada sistem komputer dan menyediakan layanan kepada pengguna sehingga memberikan kemudahan kepada pengguna dalam mengoperasikan komputer.

FungsiUmum (Global) :

  1. Resource manager, merupakan pengelolaan sumber daya dan mengalokasikannya, Contoh: memori, CPU, Disk Drive dan perangkat lainnya.
  2. Interfaceatau yang biasa disebut dengan tatap muka, yaitu sebagai perantara antara pengguna dengan perangkat keras dengan menyediakan tampilan kepada pengguna yang lebih mudah dipahami dan bersahabat (user friendly).
  3. Coordinator, Dalam hal ini sistem operasi berfungsi untuk mengatur semua aktivitas yang kompleks dariperangkat lunak sistem/perangkat lunak aplikasi yang sedang dijalankan agar dapat berjalan sesuai dengan urutan yang benar. Selain mengatur semua aktivitas perangkat lunak, sistem operasi juga bertugas mengatur/mengelola semua aktivitas yang berhubungan dengan hardware, baik input device ataupun output device.
  4. Guardian, Hal ini dimaksudkan bahwa salah satu fungsi atautugas dari sistem operasi adalah untuk memegang kendali proses, melindungi file dan memberi batasan pada pembacaan dan penulisan serta eksekusi data dan program. Sistem operasi juga dapat berfungsi sebagai pengatur tentang siapa saja yang dapat mengakses file, program dan sistem yang ada di komputer kita.
  5. Gate Keeper, berfungsi sebagai pengendali hak akses oleh pengguna yang mengendalikan siapa saja yang berhak masuk ke dalam sistem dan mengawasi apa saja yang dilakukannya.
  6. Optimizeradalah penjadwal masukan (input) oleh user, pengaksesan basis data, proses komputasi dan penggunaan.
  7. Accountantbefungsi untuk mengatur waktu CPU, penggunaan memori, pemanggilan I/O, disk storage, dan waktu koneksi terminal.
  8. Serverberfungsi untuk melayani segala sesuatu yang dibutuhkan oleh seorang user (pengguna).
  9. Interpretasi, Sistem Operasi berfungsi sebagai penerjemah perintah-perintah dan instruksi-instruksi antara User dan Sistem. Sebagai fasilitas komunikasi yang mudah antara sistem komputer dan User (pengguna).

2. Apa yang dimaksud command prompt

CMD (Command Prompt) atau DOS Prompt adalah sebuah command line interfaces (CLI) pada sistem operasi windows untuk mengeksekusi file dengan cara memasukan perintah-perintah menggunakan keyboard.

3. Waktu yang diperlukan untuk membaca dan menulis isi sector pada disk disebut…

Waktu akses

4. Yang termasuk memori portable dalam komputer adalah…

– USB Flashdisk

Flashdisk atau sering juga disebut usb merupakan memori eksternal yang bersifat portable. Fungsinya sama dengan hardisk yaitu sebagai tempat menyimpan data secara permanen. Pengguna komputer banyak memanfaatkan flashdisk untuk menyimpan berbagai data, karena bentuk fisiknya yang kecil, memori yang satu ini seringkali dibawa pengguna kemana-mana.

– Hardisk

Hardisk adalah salah satu perangkat keras komputer yang di gunakan untuk menyimpan data secara permananen. Hardisk pada umumnya memilki ukuran lebih besar dari flashdisk. Memori ini ada yang bersifat eksternal hardisk dan internal hardisk. Karena fungsi penyimpanannya yang permanent, hardisk memiliki kapasitas besar seperti, hardisk dengan kapasitas 80 GB, 160 GB, 250 GB, 500 GB dan bahkan hingga ke ukuran 1 TB dan seterusnya.

– SSD (Solid State Drive)

SSD merupakan teknologi terbaru yang dapat menggantikan Hardisk. Karna SSD mempunyai kecepatan transfer 3x lebih cepat dari hardisk biasa, hardisk biasa di gunakan pada file sistem (Drive C), untuk menambah kinerja pada Komputer atau Laptop kalian.

– Flash memory


 

Flash memori biasanya digunakan pada flashdisk, memori card, MP3 player, kamera digital, personal digital assistant (PDA), ponsel, dll . Secara umum gunanya untuk penyimpanan data, dan juga dapat digunakan untuk mentransfer data antara komputer atau produk digital lainnya. Sebuah jenis komponen elektronik tertentu yaitu  Programmable Read Only Memory (EEPROM) yang digunakan dalam memori flash. Memori dapat dihapus dan diprogram dalam sebuah blok kode yang besar. Saat ini sebagian besar dari kita telah menggunakan USB flash memory, yantg Telah terhubung ke komputer, dll.

Jenis-jenis Flash Memory ada beberapa jenis memori flash yang telah dibuat sesuai dengan pruntukannya, namun rata-rata semua memiliki fungsi yang kurang lebihnya sama.Untuk bisa menggunakan memori flash, biasanya yang harus dilakukan adalah memasukkan kartu pada slot yang disediakan, kemudian mensinkronisasikan dengan perangkat dan data akan dikodekan ke kartu secara otomatis. Secure Digital Card (SD Card) Disingkat sebagai kartu SD. Biasa digunakan pada perangkat portable seperti video recorder digital, kamera digital, komputer tablet, ponsel, dll . SD card diperkenalkan sudah sejak tahun 1999. Saat ini orang sudah dapat memilih kapasitas SD Card yang sangat beragam, tergantung kemampuan device yang digunakan. Mini Secure Digital Card (Mini SD) Mini SD ini populer digunakan pada ponsel. Fungsi dasar dari Mini SD tidak berbeda dari SD Card. Satu-satunya perbedaan adalah bahwa Mini SD, seperti namanya ia lebih kecil dari SD Card. Tersedia kapasitas penyimpanan antara  256 MB storage bahkan hingga 32GB. Compact Flash Compact flashmemiliki ukuran yang jauh lebih besar jika dibandingkan dengan jenis lain dari memori flash. Disebut juga sebagai  CF Card. Kartu ini populer digunakan pada kamera digital. Kapasitas penyimpanan berkisar dari 8 MB hingga 8 GB, cukup nyaman untuk menyimpan data dalam kapasitas lebih besar. Kartu ini memiliki keunggulan dibanding jenis yang lain, yaitu memiliki dua chip memori dan kontroler.

– CD ROM

Sebuah piringan kompak dari jenis piringan optic (optical disc) yang dapat menyimpan data. CD-ROM juga berarti bahwa CD-ROM drive hanya bisa digunakan untuk membaca sebuah CD saja. Secara garis besar CD-ROM dibedakan menjadi 2 menurut tipenya yaitu : ATA/IDE dan SCSI. Yang paling mendasari dari perbedaan tersebut adalah kecepatannya. Kalau ATA memiliki kecepatan 100-133Mbps sedangkan SCSI memiliki kecepatan kira-kira 150 Mbps. Untuk tipe SCSI biasanya ditemuka pada CR RW drive. Pada CD ROM terdapat tulisan 56X artinya kemampuan memberikan kecepatan transfer data sebesar 56 x150 Kbps. Tipe CD RW juga biasanya dibedakan berdasarkan kemapuan membakar dan membaca. CD RW tipe 12x8x32 artinya memiliki kemampuan membakar pada CD R seccepat 12x, membakar pada CD RW secepat 8x, dan membaca CD R/CD RW/dengan kecepatan maksimal 32x.

FUNGSI CD ROM

Telah di jelaskan bahwa CD ROM mempunyai arti bahwa sebuah Hadware yang hanya bisa membaca CD saja. Selain kegunaan dasar tersebut CD ROM juga digunakan untuk melakukan penginstalasian sebuah OS (OPERATING SYSTEM), Game, atau Software-software lainnya. Atau melakukan booting pada saat msuk ke OS bila sebuah System tidak mau berjalan.

– DVD ROM



DVD berasal dari kata Digital Versatile Disc. Sesuai dengan namanya DVD merupakan sebuah media penyimpanan digital yang isinya sangat variatif.. Bentuknya sangat mirip dengan CD. Bedanya DVD dapat memainkan film, audio lebih baik dan dengan data lebih banyak dan proses yang lebih cepat dibandingkan CD. DVD juga mampu menyimpan data lain seperti Foto atau data informasi dari komputer.

FUNGSI DVD ROM

Drive berarti penggerak atau pemutar.DVD ROM DRIVE berarti penggerak atau pemutar pada sebuah DVD ROM.perangkat ini memiliki bentuk fisik yang sama persis seperti CD ROM DRIVE akan tetapi memiliki fungsi yang berbeda fungsi DVD ROM DDRIVE adalah untuk membaca data atau program pada DVD.

5. Sebutkan tugas dari control unit

Mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output.
2. Mengambil instruksi-instruksi dari memori utama.
3. Mengambil data dari memori utama (jika diperlukan) untuk diproses.
4. Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika serta mengawasi kerja dari ALU.
5. Menyimpan hasil proses ke memori utama.

6. Teknologi hardisk yang memiliki kemampuan untuk menghemat listrik, salah satunya fungsi sleep, stand by, jelaskan

Sleep :Komputer akan tertidur saat pemakai menggunakan tombol Sleep, windows akan menyimpan semua aktifitas di dalam RAM dan berjalan dengan Power yang sangat kecil dan dapat dihidupkan dalam beberapa detik saja. Sleep bisa berjalan jika masih ada battere dan jika batterenya akan habis maka komputer akan bangun dan masuk ke Hibernate mengcopy semua aktifitas RAM ke dalam Hardisk.

Stand by :Pada kondisi ini komputer tidak dimatikan secara keseluruhan, memang semua komponen komputer dimatikan atau diputus aliran listriknya kecuali memori (RAM), mode stand by bisa di bilang hemat energy karena hanya RAM yang membutuhkan listrik. Untuk menghidupkan kembali dapat dilakukan secara instan karena jauh lebih cepat daripada Shutdown dan Hibernate karena isi RAM masih dipertahankan, saat menghidupkan komputer konfigurasinya atau aplikasi yang kamu jalankan masih ada. biasanya digunakan apabila kamu mau meninggalkan komputer dalam waktu singkat karena Stand By sama seperti Pause pada saat bermain Game.

7. Yang tidak termasuk pengelolaan system file dimana merupakan fungsi dari system operasi adalah….

Parameter file

8. Tata cara atau peraturan yang disepakati secara internasional agar sebuah komputer bisa berkomunikasi dengan komputer lainnya disebut….

Protocol

Protokol adalah suatu aturan yang mendefinisikan fungsi yang terdapat di dalam sebuah Jaringan komputer, seperti misalnya mengirimkan pesan, mengirimkan data, mengirimkan informasi dan fungsi lainnya yang harus dipenuhi oleh sisi pengirim dan penerima supaya komunikasi dapat berlangsung dengan baik dan benar walaupun sistem yang terdapat dalam jaringan tersebut berbeda.Fungsi dari protokol secara umum yaitu sebagai penghubung di dalam komunikasi data atau informasi, sehingga proses penukaran data atau informasi tersebut dapat berjalan dengan baik dan benar.

9. DHCP adalah kependekan dari…

 Dynamic Host Configuration Protocol

10. WWW singkatan dari…

World Wide Web

11. Hal pertama yang harus kita lakukan untuk instalasi komputer adalah…

Instal pertama kali

  • Sediakan Operatif System (OS)
  • Sediakan Driver MotherBoard
  • Sediakan Software aplikasi yang anda butuhkan

Untuk orang yang ingin install ulang

  • Menyimpan dan mematikan drive komputer
  • Sediakan operating system (OS)
  • Backup data
  • Sediakan software aplikasi yang anda butuhkan

12. Orang yang pertama kali menciptakan Os Linux adalah…

Linus Benedict Torvalds

13. Pengertian LAN, MAN, WAN, internet

LAN, adalah jaringan yang dibatasi oleh area yang relatif kecil, umumnya dibatasi oleh area lingkungan, seperti sebuah kantor pada sebuah gedung, atau tiap-tiap ruangan pada sebuah sekolah. Biasanya jarak antar node tidak lebih jauh dari sekitar 200 m.

MAN, biasanya meliputi area yang lebih besar dari LAN, misalnya antar gedung dalam suatu daerah (wilayah seperti propinsi atau negara bagian). Dalam hal ini jaringan menghubungkan beberapa buah jaringan kecil ke dalam lingkungan area yang lebih besar, sebagai contoh yaitu: jaringan beberapa kantor cabang sebuah bank didalam sebuah kota besar yang dihubungkan antara satu dengan lainnya

WAN, Wide Area Network (WAN) adalah jaringan yang biasanya sudah menggunakan media wireless, sarana satelit ataupun kabel serat optic, karena jangkauannya yang lebih luas, bukan hanya meliputi satu kota atau antar kota dalam suatu wilayah, tetapi mulai menjangkau area/wilayah otoritas negara lain.

Internet, adalah sebuah jaringan komputer yang saling terhubung dengan menggunakan suatu sistem standar global transmission control protocol/internet protocol suite (TCP/IP) yang digunakan sebagai protokol pertukaran paket dalam melayani miliaran pengguna yang terdapat di seluruh dunia. Internet merupakan kependekan dari interconnected network.  Internet juga dapat diartikan sebagai jaringan komunikasi global yang terbuka dan menghubungkan jutaaan atau milyaran jaringan komputer dengan berbagai tipe dan jenis, dengan menggunakan tipe komunikasi misalnya telepon, satelit, dan sebagainya.

14. Tuliskan pengertian jaringan komputer

Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri dari dua atau lebih komputer yang saling terhubungsatusama lain melalui media transmisiatau media komunikasisehinggadapatsalingberbagi data, aplikasimaupun berbagi perangkat keras komputer.Istilah jaringan komputer sendiri juga dapat diartikan sebagai kumpulan sejumlah terminal komunikasi yang terdiridariduakomputeratau lebih yang saling terhubung.Tujuan dibangunnya jaringan komputer adalah agar informasi/ data yang dibawa pengirim (transmitter) dapat sampai kepada penerima (receiver) dengan tepat dan akurat.

15. Apa yang dimaksud jaringan client-server

Jaringan Client-Server memiliki dua komponen utama. Yaitu Client danServer.

Sesuainamanya, Server atau penyedia layanan adalah komputer yang memberikan layanan untuk komputer klien. Layanan itu bisa berupa data, akses atau bahkan multi service seperti file server, mail server atau web server.

Sementara Client atau Workstation adalah komputer yang menerima layanan/ fasilitas yang disediakan oleh komputer server.

Jadi, intinya, jaringan Client-Server adalah jaringan di mana di dalam jaringan tersebut ada satu komputer yang sudah didedikasikan untuk menjadi server (Dedicated-Server), dan komputer yang lainnya bertindak sebagai klien.

16. Sebutkan program – program yang berjalan di atas Sistem Operasi Windows yang berlicensi gratis (free licensi), minimal 5

AVG 8.0.1 Free Edition.gratis.

Mozilla Firefox.

Free MP3 WMA Converter.

Bittorent.

Open Office.

Flash Player 10 RC (IE)

RealPlayer 11.0.0.453

Thunderbird 2.0.0.16

WinRAR 3.80 Beta 5

RocketDock 1.3.5

17. Yang bukan merupakan fitur dari Linux adalah:

a. Multi User         : sistem operasi yang memungkinkan pengguna lebih dari satu dalam mengakses sistem komputer dalam waktu yang bersamaan

b. Multi tasking   :.Dapat melakukan tugas secara bersamaan

c. Multi walking

d. Multiprocessor : sistem komputer dengan dua atau lebihCPU identik yang membagi akses secara penuh kepada common RAM(Shared Memory Multiprocessor).

18. Salah satu kelebihan dari Linux adalah Multiprocessor yaitu ?

a.Dapat dijalankan bersama system operasi yang lain = multitaking

b. Dapat melakukan tugas secara bersamaan = multitasking

c. Dapat dijalankan di lebih dari satu Komputer

d. dengan menggunakan dua CPU atau lebih dalam sebuah sistem komputer = multiprocessor

19. Dibawah ini merupakan sifat dari System Operasi Linux,adalah… .

a.Multi user, multi tasking, multi guna

b.Multi user, multi plat form, multi guna

c.Multi user, multi tasking, multi plat form

d.Multi tasking, multi plat form, multi guna

     20. File system yang digunakan linux yaitu…..

a. Extended

b. NTFS: jenis File System yang diperkenalkan Microsoft untuk menggantikan system file FAT dan FAT32.

c. FAT32 : sebuah turunan dari File Allocation Table (FAT) sistem berkas.FAT32 mendukung ukuran cluster yang lebih kecil dan volume yang lebih besar dari FAT, hasilnya adalah alokasi ruang yang lebih efisien dengan volumeFAT32.

d. FAT64 : adalah sebuah sistem berkas proprietary yang cocok untuk digunakan oleh media-media penyimpanan berbasis memori flash

21. Dalam melakukan upaya pencegahan agar perangkat lunak dapat terlindungi hak ciptanya dari pembajakan, maka perusahaan pembuat perangkat lunak melengkapi produknya dengan kode tertentu yang biasa disebut ….

a. Serial number

b. Code number

c. Dial number : adalah sebuah kode yang digunakan atau yang terdapat dalam jaringan telepon ataupun jaringan internet

d. Passing number

22. Sistem operasi Linux menyediakan dua pihak yaitu …

a. Unix dan Mode Grafik    c. Unix dan Mode Text

b. Unix dan Linux                d. Mode Grafik dan Mode Text

23. Perintah dasar linux yang digunakan untuk menghapus direktori adalah….

a. rm

b. rmdir : digunakan untuk menghapus direktori

c. rmove : untuk memindah directori

d. rmdel

24. Perintah pada dasar linux untuk membuat direktori baru adalah…

a. ls : digunakan untuk melihat isi dari suatu direktori

b. mkdir

c. cd : digunakan untuk berpindah ke direktori lain.

d. rd

25. Variasi dari Sistem Operasi Linux bisa disebut dengan ?

a. Distro/Distribusi

b. Nickname: Nama julukan atau nama panggilan

c. Open Source : Suatu istilah yang digunakan untuk software (perangkat lunak) yang membuka atau membebaskan source codenya dapat dilihat oleh pengunanya, dan membiarkan penggunanya dapat melihat bagaimana cara kerja dari software tersebut serta penggunanya juga dapat memperbaiki atau mengembangkan software tersebut menjadi lebih baik lagi.

d. Alias : Nama kedua sebuah file, umumnya nama kedua lebih pendek dan mudah untuk diingat daripada nama pertama.

26. Siapakah Pembuat Sistem Operasi Linux ?

a. Linus Torvalds    c. Steve Jobs

b. Jim Geovedi        d. Taka Willy

27. Siapakah Pembuat Sistem Operasi Mac OS ?

a. Hmei7          c. Taka Willy

b. Steve Jobs   d. Bill Gates

28. Siapakah perancang sekaligus penemu OS Windows 8 ?

a. Onno W Purbo    c. Steven Jay Sinofsky

b. Andy Rubin         d. Steve Jobs

29. Sebutkan beberapa OS yang anda ketahui ?

Windows

Mac OS (Machintosh)

Linux

BlankOn

Grombyang OS

FreeBSD

HAIKU atau BeOS

Solaris

AmigaOS

Os/2

UNIX

Novell Netware

MS-DOS

30. Sebutkan distro linux yang dikembangkan di Indonesia?

– DewaLinux

merupakan Distribusi Linux hasil re-master dari distro Ubuntu 7.10 Gutsy Gibbon, yang dikemas lebih “user friendly” sehingga memudahkan untuk pengguna baru Linux yang telah terbiasa dengan windows.

– Sinau

merupakan distro Linux yang berkarakter kuat dan cerdas seperti motto FKIP UNS. Apabila anda menginstall distro Sinau ini pada PC atau Laptop anda, maka secara otomatis akan terinstal benyak aplikasi di bidang Pendidikan. Jadi distro ini sangat baik dan cocok untuk digunakan di kalangan pelajar dan mahasiswa juga guru dan dosen.

– Waroeng IGOS

diprakarsai oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Kementerian Riset dan Teknologi, Departemen Komunikasi dan Informatika, Asosiasi Warnet Indonesia, Pasifik Satelit Nusantara dan Universitas Gunadarma.
Aplikasi ‘Waroeng IGOS’ mencakup kebutuhan aplikasi warnet 1 server untuk 3-10 klien, PC desktop, aplikasi office, web browser, mail server serta manajemen dokumentasi. Khusus untuk aplikasi office, dikembangkan oleh Institut Teknologi Bandung.

– Lunix Ampera

adalah distro Linux yang dikembangkan oleh Pemerintah Propinsi Sumatera Selatan bekerja sama dengan Digital Kreasi. Tujuan pembuatan linux ampera ini adalah untuk memperkenalkan apa dan bagaimana linux itu. CD Linux Ampera 2 ini di-remaster dari distribusi linux Knoppix dengan penambahan/pengurangan aplikasinya, serta dibuat bernuansa Ampera.

– RimbaLinux

dilatarbelakangi minimnya distro buatan Indonesia, minimnya semangat kerjasama dalam komunitas Linux Indonesia, dan belum ada distro yang mewakili identitas Indonesia, maka distro Rimbalinux dibuat sebagai distro Linux desktop ringan yang bisa dikembangkan (expandable lightweight linux desktop distribution).

– Garuda OS

kreasi lokal yang diturunkan dari PCLinuxOS(varian Mandriva). GARUDA ditujukan untuk para pengguna komputer yang saat ini masih terikat dengan perangkat lunak bajakan / ilegal dan ingin mencari penggantinya yang legal dan tentu saja ekonomis.

– BlankON

berbasis Fedora Core yang dikembangkan oleh Yayasan Penggerak Linux Indonesia (YPLI). Tujuan pengembangan BlankOn Linux adalah menghasilkan distro Linux yang sesuai dengan kebutuhan pengguna komputer umum di Indonesia. Yayasan Penggerak Linux Indonesia (YPLI) bekerja sama dengan UNESCO dan komunitas Linux lainnya telah mengembangkan BlankOn Linux 1.0 ini menjadi sistem operasi yang lengkap berbasis Fedora Core 3 yang memanfaatkan software open source.

31. Salah satu OS yang Bersifat Open Source adalah ?

Windows dan Linux

32. Apa yang dimaksud CLI ?

 CLI adalah antarmuka pada sistem operasi yang menggunakan baris perintah atau text. Dalam berinteraksi dengan sistem operasi pengguna hanya dapat menggunakan keyboard dengan cara mengetikan perintah (Command) tertentu.

– Kelebihan CLI:

Performa lebih tinggi

Lebih efisien dalam penggunaan

Hanya membutukan spesifikasi hardware yang rendah

– Kekurangan CLI:

Kurang menarik dan membosankan bagi pengguna awam

Harus mengingat baris dan perintah

REFERENSI

http://www.websitekomputer.com/2014/10/fungsi-sistem-operasi-komputer-paling-lengkap.htmldiakses pada tanggal 20/02/2017 pukul 08.10 WIB

http://www.transiskom.com/2015/07/pengertian-command-prompt-cmd-dan.htmldiakses pada tanggal 20/02/2017 pukul 08.16 WIB

http://indirpan.wapsite.me/Slide%20BSI/Sistem%20Operasi/Waktu+Akses+Diskdiaksespadatanggal 20/02/2017 pukul 08.21 WIB

http://www.nesabamedia.com/pengertian-manfaat-dan-macam-macam-jaringan-komputer/diaksespadatanggal 20/02/2017 pukul 09.00 WIB

http://www.jaringan.link/2013/12/jaringan-client-server-dan-peer-to-peer.htmldiakses padatanggal 20/02/2017 pukul 09.10 WIB

http://www.infomugi.com/2013/04/pengertian-multitasking.html

http://www.academia.edu/11951911/Perbedaan_Multiprocessor_dan_MulticoreProcessor

http://www.sistemoperasikomputer.com/2013/03/siistem-operasi-multi-user.html

http://www.pintarkomputer.com/perintah-perintah-dasar-terminal-linux-beserta-fungsinya/

http://www.pengertianku.net/2015/06/pengertian-open-source-dan-contohnya-lengkap.html

komputer.yn.lt/adalah/?arti=Alias

https://iiprayudi.wordpress.com/daftar-distro-linux-indonesia-always-updated/

http://www.transiskom.com/2015/07/pengertian-cli-dan-gui.html

About the author

destiana.roehmania.syah.putri administrator

Leave a Reply